Kamis, 24 Januari 2013

Tips Merawat Kinerja komputer

Sekarang saya akan berbagi tips untuk merawat kinerja komputer, sebenarnya banyak yang sudah tau cara merawat komputer yang baik, tapi apa salahnya jika saya hanya berbagi sedikit tips, yang mungkin bisa bermanfaat bagi pembaca, khususnya orang awam yang baru mengenal komputer atau memiliki komputer, jadi semoga tips yang saya bagikan bisa bermanfaat.

Untuk menjaga kinerja komputer tidaklah sesulit yang kita kira, terlebih bagi orang yang belum mengetahui betul system kerja komputer, maka berikut tips-tips nya :


  1. Periksa terlebih dahulu semua perangkat, yaitu meliputi CPU, Monitor, Mouse, Keyboard, jika memang ingin labih sempurna sambungkan dengan speaker, jadi saya sarankan sebelum anda menggunakan komputer anda harap periksa hardwarenya sudah tersambung dengan kabel yang benar atau tidak ? seteah semua terpasang dengan benar, baik posisi, kabel, jangan lupa rapikan kabel-kabel yang saling berhubungan dengan mengikatnya jadi satu atau pisahkan untuk masing masing hardware.
  2. Selanjutnya untuk memulainya nyalakan komputer seperti intruksi yang di berikan oleh pabrik, harap ikuti prosedurnya, hal ini agar komputer anda sesuai dengan standar kerja yang telah di terapkan oleh pabrik pembuatnya, ingat setiap mematikan komputer usahakan jangan langsung mencabut sumber listrik atau langsung menekan tombol power, tetapi klik tombol turn-off atau shutdown yang ada di bagian start pada windows anda, karena jika anda langsung mematikan komputer begitu saja tanpa melalui prosedur tersebut akan menyebabkan blower yang teradapat pada CPU berhenti mendadak dan menyebabkan rusak, sehingga kinerja blower tersebut akan terganggu.
  3. Install lah software yang diperlukan untuk kerja anda, usahakan jangan terlalu banyak menginstall software yang tidak terlalu di gunakan, sebenarnya untuk komputer dengan spesifik bagus boleh-boleh saja, tetapi apa salahnya jika anda tidak rakus atau terlalu memaksakan hardisk komputer anda untuk bekerja terlalu banyak.
  4. Rutinlah untuk periksa kesehatan komputer anda, dengan menggunakan antivirus, ya minimal sekali dalam seminggu sediakan waktu satu atau dua jam untuk mengecek keadaan software anda dan file-file anda, apa sudah terinfeksi virus ataukah masih aman, jika anda sering memeriksa saya yakin komputer anda akan kembali segar dalam bekerja, karena pastinya ada saja virus yang masuk tiap detik, menit, jam atau hari, oleh sebab itu rutinlah untuk memantau komputer anda, terlebih anda adalah seorang pengguna internet, yang setiap saat bisa saja terkena virus virus dari file file yang anda dapatkan dari internet.
  5. Selain dengan antivirus, rutinlah membersihkan Monitor, keyboard, mouse, dan CPU, untuk CPU saya sarankan cukup buka body nya dengan obeng lalu bersihkan dengan sapu berukuran kecil atau mini seperti koas agar dapat membersihan debu yang ada pada dalam CPU anda.
  6. Pakailah komputer anda dalam sehari sewajarnya, jangan terlalu di paksakan 12 jam menyala atau bahkan 24 jam terus bekerja, karena sebuah mesin juga membutuhkan istirahat, tidak hanya itu saja, jika anda terlalu lama menggunakan komputer dapat berbahaya bagi mata anda, tubuh, yang efeknya bisa merusak kesehatan anda nantinya.
Sekarang saya sudah berbagi sedikit tips merawat kinerja komputer yang sangat mudah, semoga bermanfaat bagi anda, dan jangan sampai komputer anda menjadi seperti ini.



jika anda merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share ya, dan juga jangan copy paste, hargailah sesama blogger dan pengguna internet. Terimakasih.

Photo by : flickr.com
Share this article on :
Temukan Artikel Lainnya !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung,,
Harap Komentar dengan kata kata yang baik, By gooddaysoft team.